Senin, 25 April 2011

Tips sederhana cara mendapatkan ide untuk artikel baru

Banyak teman saya yang bertanya kepada saya,

"Saya sudah membuat blog,tapi saya bingung mau isi apa di blog saya".

Ada juga yang bertanya,"Bagaimana ya cara agar kita bisa terus uptodate dalam membuat artikel?"

Mungkin anda pun sering punya pertanyaaan seperti diatas.
Saya punya beberapa tips sederhana yang bisa anda gunakan agar "otak" anda selalu encer terhadap ide-ide baru yang bermanfaat.

1.Kenali dulu apa minat anda sebenarnya

Ini adalah langkah awal yang sangat penting dalam membuat blog.Terutama untuk pemula.

Anda sebaiknya jangan membuat blog hanya untuk sekedar "ikut-ikutan yang sedang trend" saja.Kenalilah minat anda yang sebenarnya.

Dengan membuat blog yang sesuai dengan minat dan keahlian anda,maka ide-ide akan mengalir dengan sendirinya.Dan blog yang anda buat pun pasti memiliki artikel yang bermanfaat.

Sebagai contoh saya,minat saya adalah dalam bidang bisnis.Maka saya pun membuat blog tentang BISNIS ONLINE dan BERBAGAI MACAM TIPS SEDERHANA nya.

2.Tenangkan pikiran anda

Ini adalah cara yang selalu saya gunakan untuk mendapatkan ide-ide yang baik.

Jika pikiran anda tenang,maka ide akan muncul dengan sendirinya.
Jika pikiran anda tenang,maka tulisan yang anda buat pun akan menarik

Jika pikiran anda lagi ruwet,sebaiknya jangan menulis artikel.Karena menurut pengalaman saya,jika saya menulis artikel dengan pikiran yang ruwet,maka artikel nya akan menjadi sangat tidak menarik untuk di baca.

Dalam menulis artikel kita harus benar-benar tau dengan apa yang kita tulis.

Menulis artikel harus dengan sepenuh hati,jangan asal tulis saja.

3.Pikirkan kendala yang anda alami selama anda ngeblog

Ya...cara ini sangat sering saya gunakan untuk menulis artikel baru.

Sebagai contoh:

Ketika saya mempunyai kendala,"Kenapa ya blog saya memliki traffic yang rendah?" ketika itu pula saya mendapatkan ide baru untuk menulis artikel dari kendala yang saya alami.

Maka saya akan menulis artikel baru dengan judul "Cara sederhana untuk meningkatkan traffic blog kita" ;)

Langkah pertama nya kita harus tau solusi nya terlebih dahulu dari masalah yang sedang kita alami.Baru kita tulis artikel nya.Gampang kan?

4.Cari referensi ide dengan cara browsing atau baca buku

Ini juga adalah cara yang sering saya gunakan.

Ketika saya sedang kehabisan ide,maka saya akan browsing untuk mencari ide-ide baru.

Biasanya dengan sekali browsing saya mendapatkan 3-5 ide baru untuk artikel baru saya.

Banyak-banyak lah membaca buku yang berhubungan dengan blog kita,contoh nya:

Blog saya banyak membicarakan tentang BISNIS ONLINE dan TUTORIAL BLOG.Maka ketika saya kehabisan ide,saya datang ke toko buku untuk mencari ide baru.

Sekali saya membaca buku,maka saya bisa mendapatkan 5-10 ide baru untuk artikel saya berikutnya

Ya..sangat sederhana memang,tapi sangat ampuh!

5.Berlangganan artikel gratis dari blogger profesional mancanegara maupun lokal

Ini juga cara yang sangat ampuh untuk mendapatkan ide baru.

Saya banyak sekali berlangganan artikel-artikel dari para blogger terkenal.Dan hampir tiap hari saya mendapatkan artikel baru dari mereka.Maka otomatis ilmu saya pun bertambah.Jika ilmu bertambah,maka otomatis ide saya pun bertambah.Simple kan?:)

Nah kelima cara diatas adalah cara yang sering saya gunakan untuk mencari ide baru.
Sederhana memang,tapi itu cara yang ampuh buat anda,terutama buat anda yang masih pemula.

Mungkin anda punya cara yang berbeda dari saya,tapi saya yakin garis besar nya pasti seperti yang saya sebutkan diatas.
Semoga bermanfaat.

Bagaimana dengan anda?Punya pendapat?

Terimakasih
Selamat mencoba...
Salam sukses!


sumber : http://www.proses2sukses.com/

9 komentar:

  1. mas kalau model blog diary , trus hal yang kita alamin itu itu aja , gimana yah cara buat articlenya biar gak bosan ?
    -thank's-

    BalasHapus
  2. @ichsan afriadi
    kalau soal itu sepertinya tergantung situasi dan kondisi sobat ..usahakan menulis artikel dalam kondisi otak yang fresh (biasanya sih kalau saya pagi hari).hehehe :)
    thx ya sudah mau berkunjung :)

    BalasHapus
  3. mantaaaaap..
    asyiiiikk..
    mksih gan dah mau berbagi cara itu.

    BalasHapus
  4. @ichsan afriadi kayaknya kalo untuk blog diary, tinggal diusahain aja gan supaya cerita-cerita agan itu menyisipkan informasi atau tips bagi orang lain.

    misalnya tips berhemat, atau informasi tentang fasilitas umum yang jarang dijumpai dan digunakan, dsb.

    ane sih pengennya gitu juga. tapi sampai sejauh ini masih kayak yang diebut diatas, masih cenderung "ikut-ikutan", belum bisa ngangkat niche yang pasti. :S

    BalasHapus
  5. @cholil
    sip,,masama gan :)
    thx ya dah mau berkunjung :)

    BalasHapus
  6. siip dh,... sekedar saran bos, bahwa ide dan imajinasi bisa mengalir kalau kita menulisnya seolah2 sedang berbicara kepada orang lain,..

    BalasHapus

Share |